Kamis, 19 Maret 2020

Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Alat Pencetak Tahu Bulat dan Cara Kerjanya

Mesin Pencetak Tahu Bulat - Tahu termasuk salah satu jenis lauk pauk yang digemari oleh masyarakat luas. Selain rasanya yang enak, tahu juga gampang diperoleh karena harganya yang terjangkau sehingga siapa saja bisa membelinya dengan mudah. Bahkan tahu juga dapat dikonsumsi tidak hanya untuk lauk pauk saja, akan tetapi juga bisa diolah dengan berbagai makanan lain.

Tahu bulat yang belakangan ini populer dan semakin terkenal di Indonesia, apalagi dengan jingle yang khas dan membuat kita tidak bisa lupa. Karena hal itulah banyak yang merintis usaha dengan memproduksi tahu bulat dan akibatnya permintaan akan kebutuhan tahu semakin meningkat.

Dalam proses pembuatan tahu bulat Anda tak perlu melakukannya secara manual karena saat ini sudah tersedia bermacam-macam alat produksi tahu. Nah, untuk Anda yang tertarik melakukan usaha produksi makanan olahan tahu berikut beberapa rekomendasi mesin tahu bulat yang bisa Anda pilih.

1. Mesin Mixer Tahu Bulat

Merupakan mesin yang masuk dalam kategori alat mixer adonan yang  bisa digerakkan secara otomatis. Memerlukan tegangan sebesar 220 v dan daya ½ hp. Dimensi pada bodinya berukuran 100x80x150 cm dan ukuran bak aduk 60x40x40 cm. Material bahannya terbuat dari stainless steel yang standar untuk makanan. Penggeraknya sudah menggunakan sistem motor dilengkapi dengan timer.

2. Mesin Cetak Tahu Bulat Polos

Merupakan salah satu mesin cetak tahu bulat. Kapasitas produksinya bisa menghasilkan 228 butir dalam setiap menitnya atau sekitar 12.600 butir per jam. Mesin ini mempunyai dimensi dengan panjang 85 cm, lebar 60 dan tinggi 32 mm. Dan sangat pas dipakai untuk memproduksi tahu bulat dalam skala besar.

Cara Kerja Mesin Tahu Bulat
Dalam produksi tahu bulat yang harus dicermati adalah kadar airnya yang rendah. Oleh karena itu, s ebisa mungkin mesin cetak tahu bulat yang digunakan harus bisa benar-benar diperas. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan mesin ini anda dapat memperoleh tahu bulat dengan tekstur yang diinginkan. Bahkan, untuk ukurannya juga dapat disesuaikan dengan keinginan.
Untuk cara kerjanya, setelah adonan sudah dibuat langsung masukkan ke dalam corong dengan keadaan ring yang telah berputar. Pada saat diproses di ring tersebut adonan tahu bulat akan terasa lebih kenyal karena kadar airnya sudah berkurang sehingga tidak mengakibatkan tahu itu menempel dengan tahu yang lainnya.

Keunggulan Memakai Mesin Tahu Bulat Otomatis
  1. Menggunakan teknologi terbaru sehingga dapat membantu UMKM masyarakat
  2. Bisa dijadikan bahan olahan sampingan. Untuk ampas sisa pembuatan tahu bulat tak perlu Anda buang karena bisa  dimanfaatkan untuk d ijadikan olahan makanan lain seperti nugget kedelai, kerupuk, perkedel, kecap dan keripik.
  3. Praktis dan mudah digunakan. Bahkan Anda hanya membutuhkan satu orang saja untuk dijadikan operator sehingga dapat menekan pengeluaran.
  4. Dengan memakai mesin ini, maka proses produksi tahu bulat pun hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat.
Tips Menggunakan Mesin Pembuat Tahu Bulat Namun Tetap Enak
  1. Bahan dasar dari tahu itu sendiri ialah kedelai, sehingga agar dapat menghasilkan tahu bulat yang enak maka kedelai yang dipakai harus yang berkualitas bagus.
  2. Alangkah baiknya, air yang dipakai adalah air yang bersih dimana air dimaksud adalah air yang mengalir karena dapat mempengaruhi kualitas dari tahu itu sendiri
  3. Bahan pendukung seperti bawang putih, penyedap rasa dan rempah-rempah juga harus sesuai takaran agar cita rasanya tidak rusak.
Dengan beberapa informasi yang sudah diberikan tadi, semoga Anda memiliki pemahaman lebih mengenai mesin tahu bulat dan bagaimana memanfaatkannya dengan lebih baik. Selamat mencoba usaha tahu bulat Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar